ODOPfor99days

BERCERMIN PADA SEORANG BAYI

Teringat obrolan tempo hari ketika saya, ibu mertua, dan adik ipar bercengkrama di ruang keluarga. Ibu mertua berkata, ‘orang dewasa itu kalau mau berubah ke arah yang lebih baik, ada aja alasannya, soalnya setanya udah banyak, coba lihat seorang bayi, karena belum terpengaruh setan dia selalu berkembang ke arah yang lebih baik. Tadinya dia hanya bisa berbaring, kemudian tengkurap, duduk, merangkak, berjalan, dan akhirnya dia bisa berlari. Itu karena dia ada kemauan untuk menjadi lebih baik dan tidak dipengaruhi setan.’

Nasehat itu memang ditujukan untuk adik ipar saya agar dia mengubah beberapa kebiasaan kurang baiknya, maklum dia memang sedang dalam masa remaja yang pastinya penuh gejolak psikologis. Tetapi saya pun ikut mencerna apa yang diutarakan ibu mertua, inti yang saya dapat yaitu jika seseorang ingin berubah maka harus mau bergerak. Entah itu ‘bergerak’ untuk mengubah kebiasaan kurang baik ataupun ‘bergerak’ untuk menciptakan kebiasaan baik yang baru. kalau tidak bergerak yang ada kita hanya diam di satu tempat dan tidak mengalami perubahan apapun. Seperti halnya seorang bayi, kalau dia tidak mau bergerak, dipastikan dia tidak akan berubah menjadi anak yang bisa berjalan.

Kalau kata hukum Newton I nih ya dikatakan kalau suatu benda cenderung akan mempertahankan keadannya. Benda yang mula-mula diam akan merpertahankan diamnya, benda yang bergerak akan mempertahankan geraknya. Tuh kan, kalau kita terus diam ya gak akan bergerak dan dipastikan tidak akan ada perubahan. Tetapi kalau sudah bergerak, dengan izin Allah kita akan terus digerakkan untuk bergerak dan mencapai suatu perubahan yang lebih baik.

Nah, perihal setan yang selalu mempengaruhi kita gimana? Sama aja kok, setan juga bisa kalah dengan adanya gerakan. Hadits shohih menjelaskan bahwa setan itu mengikat manusia yang tidur dengan tiga ikatan, tetapi ketiga ikatan itu akan lepas. Ikatan pertama lepas jika kita ingat Allah (berdzikir) ketika kita bangun, lalu ikatan kedua lepas jika kita berwudlu, dan ikatan terkahir lepas jika kita melanjutkannya dengan sholat. Meski hadits tersebut menerangkan keadaan kita jika sedang tidur, tetapi intinya kalau kita tidak ingin terus ‘diikat’ oleh pengaruh setan, maka harus bergerak untuk melawannya. So Let’s Move!!

 

#ODOPfor99days #day3

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s