ODOPfor99days

Cinta yang tak beralasan

Benarkah cinta tak perlu alasan?love_heart_word_cloud_black_double_sided_heart_ceramic_christmas_ornament-rf7afe8cda0024b5f92215f92af4f9eaf_x7s21_8byvr_512

Ada kutipan percakapan dalam sebuah tayangan televisi bahwa ketika kita mencintai seseorang/ sesuatu itu tak perlu memiliki alasan. Apakah benar begitu? kalau pendapat saya sih, ketika kita mengaku cinta pada sesuatu, apakah cinta terhadap suatu barang, hobi, atau cinta pada seseorang, secara tidak sadar kita memiliki alasan tertentu mengapa kita cinta atau suka terhadap sesuatu itu. Entah karena ada memori  yang tersimpan di otak kita tentang sesuatu tersebut sehingga kita merasa ‘tiba-tiba’ menyukainya atau karena terpengaruh oleh orang lain, bisa juga karena logika kita menyatakan bahwa apa yang kita cintai tersebut dapat bermanfaat atau berpengaruh baik terhadap diri kita.

Kalau kita kaitkan dengan perihal memilih pasangan, saya sama sekali tidak setuju dengan pernyataan ‘cinta tak perlu alasan’. Kenapa? Nabi Muhammad SAW. memerintahkan kita menikahi seseorang itu harus dengan suatu alasan.  Apakah karena parasnya, hartanya, keturunanya, atau agamanya. Dan, kata nabi pasangan yang dipilih karena agamanya itu yang paling utama. artinya, ketika kita memilih seseorang untuk dinikahi, pilihlah yang agamanya bagus, karena itulah alasan yang akan membawa berkah di kemudian hari. In syaa Allah, Dia akan menurunkan sakinah mawaddah dan rahmah dalam rumah tangganya.

Kalau alasannya karena dia kaya, kekayaan bisa hilang atau habis. Kalau karena dia cantik atau tampan, akhirnya mereka juga akan keriput kok, apalagi yang gak bisa rawat diri, sudahlah kecantikan atau ketampanannya akan kehilangan jejak juga pada akhirnya.

So, kalau kita cinta terhadap sesuatu yaa harus punya alasan, dengan catatan alasannya dapat dipertanggung jawabkan ya 🙂

#ODOPfor99days #day5

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s