ODOPfor99days · Road Map Raaiq

Anakku susah senyum?

Setiap anak memang unik, termasuk anakku Rq, salah satu keunikannya adalah senyum di waktu-waktu tertentu. Meski kasarnya orang sekitar sudah jungkir balik untuk membuatnya tersenyum, tapi sering kali Rq tetap dalam pendiriannya, memberikan wajah datarnya, hehe. Semoga kamu jadi anak yang punya pendirian yang teguh ya nak :).

Hal yang sama tidak berlaku untuk orang yang dekat dengan Rq, seperti saya, suami, dan neneknya. Dia cenderung mudah tersenyum dan sangat manis sekali di depan kami ketika tersenyum Tak aneh jika saya dan suami sering mendengar protes dari orang sekitar kalau anak kami jarang senyum dan hanya bisa tersenyum kepada orang terdekatnya saja. Meski saya, suami, dan neneknya pun tetap tidak bisa membuatnya tersenyum kalau memang Rq sedang tidak mau senyum, entah cape, haus, lapar, atau sedang fokus terhadap benda lain.

Kadang saya risih dengan protes orang sekitar kalau Rq susah senyum, meski memang disampaikan dengan candaan, tapi mereka mengatakannya di depan Rq. Bagaimana kalau perkataan tersebut direkam dalam otak bawah sadar Rq, dan jadilah Rq anak yang susah senyum seterusnya? Mungkin saya agak berlebihan dengan hal ini, tapi bukankah perkataan yang selalu diperdengarkan kepada anak, nantinya memang akan mengarahkan anak untuk berlaku seperti itu? Ya memang perkataan itu adalah sebuah senjata, entah perkataan baik atau buruk dan yang menjadi poin penting adalah kita tidak bisa sepenuhnya mengendalikan lingkungan, karena setiap orang punya kebebasan untuk mengatakan atau melakukan apapun

Orang lain sering kali melihat luarnya saja, makanya saya dan suami selalu menguatkan pondasi internal kelurga kami untuk terpaan-terpaan yang datangnya dari lingkungan luar kami, meski hanya hal-hal kecil seperti ini.

#ODOPfor99days #day23

Advertisements

2 thoughts on “Anakku susah senyum?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s