ODOPfor99days

BERKUDA, MEMANAH DAN BERENANG PENGINGAT BAGI SAYA DI WAKTU YANG AKAN DATANG

Saya teringat akan hadits yang menyatakan bahwa Rasulullah SAW. menganjurkan umat Islam untuk mampu berkuda, memanah, dan berenang. Saya tidak tahu persisnya bagaimana redaksi dari hadits tersebut, maka mulailah saya googling dan blog walking, dan saya mendapatkan hadits shohih seperti berikut :

 

Dari Jabir bin Abdillah radhiyallahuanhu bahwa Rasulullah SAW bersabda,”Segala sesuatu yang di dalamnya tidak mengandung dzikrullah merupakan perbuatan sia-sia, senda gurau, dan permainan, kecuali empat (perkara), yaitu senda gurau suami dengan istrinya, melatih kuda, berlatih memanah, dan mengajarkan renang.” (HR. An-Nasa’i).

 

Sebetulnya saya sendiri belum mencari secara langsung hadits ini dari kitabnya, yaitu Shahih al-Jami’ ash-Shaghir no.4534, tetapi semoga saya dapat berkesempatan untuk menemukan hadits ini dalam kitabnya langsung.

 

Berdasarkan hadits tersebut, ternyata tidak ada kalimat anjuran dari Rasulullah, hanya saja beliau menyebutkan 4 kegiatan yang tidak sia-sia, memanah, berkuda, dan berenang.

 

Nah, tapi saya jadi ingin bertanya, kenapa di hadits tersebut dikatakan melatih kuda ya? apa kita yang melatih kuda atau kita latihan berkuda? saya jadi ingin bertanya langsung pada ahlinya nih, tapi mungkin belum sekarang pastinya. Dan menurut satu sumber (baca : http://www.rumahfiqih.com), sebetulnya anjuran untuk melakukan 3 kegiatan tersebut dikatakan oleh Umar bin Khattab.

 

Umar bin Al-Khattab berkata,”Ajari anak-anakmu berenang, memanah dan naik kuda”.

 

Dituliskan dalam sumber tersebut bahwa atsar dari Umar ini sampai kepada kita lewat jalur Bakr bin Abdillah, dari Abdullah Al-Anshari dan Jabir bin Abdillah, Abu Rafi’ dan Ibnu Umar, yang diriwayatkan secara marfu’.

 

Saya tidak akan membahas mengenai riwayat hadits di sini, karena saya tidak memiliki kemampuan untuk itu. Hanya saja setidaknya saya tahu hadits tersebut bukan dari hadits dloif (lemah) apalagi maudlu (bohong). Nah, meski saya belum tahu pasti apakah ‘anjuran/perintah’ itu datangnya dari Rasulullah atau Ummar Bin Khattab RA (semoga saya dapat mengetahuinya segera), yang pasti saya ingin mengajarkan anak-anak saya berenang, memanah, dan berkuda.

 

Dari hasil searching, ketiga kegiatan tersebut sangat bermanfaat bagi kesehatan, pikiran, dan kepribadian seseorang.

 

Apa ya manfaatnya?

to be continued ah 🙂

 

#ODOPfor99days #day11

Leave a Reply

