ODOPfor99days

‘Emak’ Memble, No Way!

Pernah berpikir tidak kalau panggilan ’emak’ itu kuno atau setidaknya (maaf) kampungan? Jujur saja, saya sendiri pernah berpikir seperti itu. Dalam benak saya, sosok emak itu ya kayak mbok-mbok yang terkesan tua, kerjaannya hanya mengurusi urusan domestik rumah tangga, seperti mencuci, memasak, dan mengurus keluarga, sama sekali tidak ada kesan cantik, rapi, bahkan intelek. Coba bandingkan dengan panggilan ‘mami’, kesannya tuh orang kota, modern, selalu menjaga penampilan, dan sepertinya memang pintar. hehehe

Itu memang pendapat saya, tapi agaknya memang banyak orang yang pernah berpikir seperti itu, betul tidak? Jarang kan ada seorang ibu yang ingin dipanggil oleh anaknya emak? Beda nilai prestise nya jika dibanding dengan panggilan ibu, bunda, mama, apalagi mami. Nah, tapi sekarang sebutan emak sepertinya mengalami pergeseran makna ke arah yang lebih luas dan lebih positif. Buktinya?

Sekarang banyak kok grup positif yang mengatas namakan ’emak’, contohnya beberapa grup yang saya ikuti di facebook, yaitu Kumpulan Emak2 Blogger (KEB), Komunitas Emak Pintar, dan Belajar Bareng Mamakers (BBM). Kesemua grup itu menawarkan ruang positif bagi para emak (baca : ibu/perempuan) untuk bisa memberdayakan diri dan saling berbagi informasi mengenai kegiatan menulis, berbisnis, mengurus rumah tangga, pendidikan anak, dan bahkan travelling.  Luar biasanya, ternyata isinya emak-emak super kece yang jauh dari kesan memble (alias tidak produktif dan proaktif, hehe). Ada yang sudah memiliki buku ataupun punya bisnis dengan omzet berjuta-juta.

Mungkin memang sudah tidak zaman ya, hanya berkutat dengan persoalan panggilan yang  kampungan atau tidak, yang penting sebagai seorang ibu (mau dipanggil emak, bunda, mami, mama, atau yang lainnya) harus tetap berdaya (dalam bidang apapun yang kita tekuni), memiliki integrirasa dan tentunya bermanfaat bagi sekitar kita, terutama bagi keluarga yang kita cintai.

So, jadi emak memble? No Way!!

 

Rabu, 17 Februari 2016

#ODOPfor99days #day33

 

Advertisements

6 thoughts on “‘Emak’ Memble, No Way!

    1. Betul mak annisa, hrs selalu berusaha berdaya ya kita. Hihi, gpp mak annisa, in syaa Allah nanti juga jadi emak2, emak2 keren..

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s