ODOPfor99days

Kalau Terjadi Gempa, Ini Dia Barang yang Mesti Diselamatkan

Dua hari yang lalu, tepatnya 6 April 2016, pukul 21.45 WIB telah terjadi gempa bumi berkekuatan 6.1 SR yang berpusat di Barat Daya Garut. Saya yang malam itu sedang mengonsep tulisan, merasakan goyangannya, tapi alhamdulillah saya dan orang sekitar komplek rumah tidak sampai keluar rumah karena panik.

Berbeda dengan cerita paman saya yang sedang berada di Tasik, katanya orang-orang disana sampai pada keluar rumah, termasuk paman saya :D.

Satu lagi cerita menarik, teman saya yang tinggal Bandung, ketika gempa terjadi, dia tengah merasakan kontraksi tanda akan melahirkan. Alhamdulillah dapat kabar si kecil keduanya akhirnya lahir dini harinya. Barakallah, pengalaman yang tak terlupakan sepertinya kejadian malam itu untukmu, teman.

Seperti yang kita ketahui bersama, orang Indonesia pasti masih teringat dengan kejadian tsunami yang terjadi di Aceh dan Pangandaran beberapa tahun lalu itu didahului oleh gempa bumi dahsyat. Makanya, pasti kalau terjadi gempa bumi, langsung kita ingat tsunami, meski sebetulnya tidak semua gempa bumi berpotensi tsunami. Dan alhamdulillah, gempa tempo hari itu memang tidak berpotensi tsunami.

Ketika saya masih duduk di bangku kuliah, tercatat di memori saya kalau saya mengalami gempa bumi dua kali. Salah satunya adalah gempa besar di Yogyakarta yang membuat Indonesia berduka kembali.

Kejadian pertama, teringat jelas waktu itu saya sedang mengikuti kelas PAI di lantai 3 gedung perkuliahan. Semua orang panik, karena gempa bumi terasa besar guncangannya. Baru kali itu, saya mengalami berebutan tangga untuk bisa turun ke lantai dasar, alhamdulillah tidak ada yang terluka atau bahkan loncat dari lantai atas.

Kejadian yang kedua, gempa terjadi ketika saya sedang menonton film korea di kamar kosan bersama kakak sepupu. Sebetulnya, ada sedikit kekonyolan yang saya lakukan waktu itu, bukannya cepat-cepat keluar kosan, saya malah sibuk mencari-cari dan memasukkan barang-barang yang sekiranya penting, jadilah saya telat keluar kosan. Beruntungnya, gempa buminya tidak sampai meluluh lantakkan bangunan, kalau sampai itu terjadi, bisa jadi yang saya lakukan benar-benar suatu kesalaham yang bisa membahayakan diri saya.

Tapi dari kejadian gempa bumi kedua tersebut, saya jadi ingin membuat list barang yang memang penting untuk diselamatkan kalau terjadi sebuah kejadian mendadak, seperti gempa bumi.

Berikut ini, barang yang patut diselamatkan versi saya (asumsi bahwa kejadiannya ketika kita berada di rumah).

1. Handphone dan charger
Dengan alat komunikasi di tangan, kita bisa dengan mudah berkomunikasi dengan keluarga yang terpisah ataupun dengan orang lain sehingga pertolongan bisa segera didapatkan, baik menelepon langsung atau melalui media sosial. Kalaupun sistem komunikasi terputus ataupun listrik mati, setidaknya kita masih punya harapan untuk menghubungi ketika semua sudah berjalan normal.

2. Dompet
Barang kedua yang tidak boleh terlupa, karena biasanya di dalam dompet tersimpan KTP, kartu ATM, SIM kartu asuransi, kartu kredit, dan uang tunai yang pastinya dibutuhkan. Kalau kita menyimpan kartu-kartu tersebut di tempat kartu khusus yang terpisah, berarti selain dompet, tempat kartu wajib dibawa.

3. Surat-surat penting
Akta lahir, kartu keluarga, ijazah, akta jual beli, dan lain sebagianya adalah barang yang menunjukkan eksistensi kita sebagai penduduk indonesia dan juga sebagai bukti kepemilikan sah atas sesuatu. Makanya surat-surat tersebut harus disimpan di tempat khusus yang disatukan, sehingga kalau terjadi hal yang tidak diinginkan terjadi, kita bisa langsung membawanya.

4. Tas untuk membawa ketiga barang di atas, supaya lebih mudah dan cepat dalam membawanya keluar.

Itulah benda penting yang patut dibawa dan diselamatkan versi saya jikalau terjadi hal yang mendadak seperti gempa bumi. Tapi yang paling utama yang harus kita selamatkan adalah nyawa, nyawa diri kita dan tentu orang di dalam rumah kita.

Tulisan ini saya buat, bukanlah mengharapkan bencana terjadi, tetapi sebagai langkah preventif dan pengingat jikalau bingung harus berbuat apa ketika hal mendadak terjadi, seperti gempa bumi.

Semoga Allah SWT, senantiasa memberikan keamanan dan kenyamanan dimana pun kita berada. Aammiin YRA.

Garut, 8 April 2016

#ODOPfor99days
#day70

2 thoughts on “Kalau Terjadi Gempa, Ini Dia Barang yang Mesti Diselamatkan

    1. Wlkslm. Iya teh miranti dulu itu gempanya di garut selatan, daerah Pameungpeuk dan sekitarnya. Hayu teh kesini, sy Garutnya di Tarogong, lumayan dekt k Kamojang, hehe.
      Salam ODOp juga teh :), ih sy yg malu malah, meski udah nulis day70 tapi mash banyak hutang di belakan. Masih belajr juga teh ngblog nya, hrs sering blogwalk k jendakeluarga nih. 😇

      Like

Leave a Reply

