ODOPfor99days

‘Lihatlah Orang di Bawah Kamu’, Begitulah Rasul Bersabda

Dari Abi Hurairah. Ia berkata : Telah Bersabda Rasulullah saw. : Lihatlah orang yang (keadaanya) di bawah kamu, dan jangan kamu lihat orang yang di atas kamu, karena yang demikian, lebih patut (menyebabkan) bahwa kamu tidak menganggap ringan ni’mat Allah kepada kamu.

Hadits shohih riwayat muttafaq ‘alaihi (Bukhari dan Muslim) ini adalah salah satu hadits favorit saya.

image

Melalui hadits ini, saya belajar untuk selalu bersyukur dengan apa yang telah Allah berikan, selalu merasa cukup akan rezeki yang didapat, dan jauh-jauh membuang rasa iri dan dengki terhadap apa yang orang lain miliki.

Hadits yang ampuh bagi saya untuk selalu menjaga kewarasan sebagai hamba yang hakikatnya tidak memiliki apa-apa.

Saya berdoa, agar guru yang mengajari saya hadits ini selalu dilimpahi rahmat dan berkah dalam hidupnya. Karena melaluinya, saya mendapatkan ilmu yang sangat berharga.

Oia, hadits ini terdapat dalam bab kelengkapan Kitab Terjemah Bulughul Maram, halaman 660.

Leave a Reply

