ODOPfor99days

Sombong Gak Ya? Mari Cek Niat.

Seneng banget ya liat fashion muslimah yang sekarang lagi menggeliat. Dari mulai model kerudung, baju, sampai aksesorisnya pun tak kalah berkembangnya.

Dulu, perempuan yang memakai kerudung keliatannya ketinggalan zaman banget model pakaiannya, soalnya modelnya itu itu aja. Sekarang, perempuan berkerudung bisa mix and match pakaian dengan beragam model pakaian yang elegan dan tentu menutup aurat sesuai syari’at agama Islam.

Hmm, tapi ada satu matan (isi) hadits yang berkenaan nih sama gaya berpakaian.

Berikut terjemahan haditsnya.

‘Dari Ibnu Umar. Ia berkata : Telah bersabda Rasulullah saw. : Allah tidak mau melihat kepada orang yang meleretkan pakaiannya dengan sombong. ” Muttafaq ‘alaihi

Dalam keterangannya disebutkan bahwa yang haram itu adalah apabila dengan sombong, tidak lainnya.

Nah, sekarang kan banyak banget model gamis yang nyapu lantai ya? Itu loh yang bagian bawah gamisnya menjuntai jauh dari mata kaki. Apa itu termasuk sombong gitu ya? Tapi siapa yang tau ya seseorang sombong atau engga, kecuali Allah? Bisa jadi kan, orang yang pakaiannya tidak menjuntai pun terjebak sombong?

Sebetulnya sih saya sendiri memang tidak terlalu memilih model gamis yang menjuntai sampai jauh di bawah mata kaki. Bukan karena tidak suka modelnya, karena sejujurnya kelihatan sangat anggun kalau memakai baju model tersebut. Hanya saja, saya takut gak sah aja sholatnya, berhubung bagian bawah baju pasti menyapu lantai. Apalagi model baju seperti itu lumayan juga loh harganya, mengingat pemakaian bahan kain yang tidak sedikit kali ya :D.

Perihal sombong, sepertinya memang bukan ranah penilaian manusia, karena Allah yang lebih berhak menilai. Hanya saja, menurut saya melihat perkembangan zaman sekarang, kemungkinan sombong bukan hanya dari hal menjuntaikan pakaian sampai bawah, tapi dari segi bahan, brand, ataupun memamerkan apa yang kita punya.

Mungkin memang sebaiknya niat lah yang harus diperbaharui terlebih dahulu dan berdoa supaya dijauhkan dari sifat sombong.

Untuk catatan diri saya pribadi,  sebaiknya fokus yang pertama adalah diniatkan beribadah kepada Allah dengan menutup aurat sesuai perintah-Nya, titik. Fokus kedua baru tentang model, kalau saya sih modelnya yang harus disukai suami, karena buat siapa lagi seorang istri berdandan kalau tidak untuk suaminya. Fokus ketiga adalah sederhana dan tetap elegan. Sederhananya disesuaikan juga, sederhana bukan berarti out of date juga kan?

Terakhir, semoga Allah senantiasa menjaga niat kita tetap lurus, gak bengkok kanan kiri šŸ˜€

#ODOPfor99days
#day

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s