Matrikulasi IP

Nice Homework #4 : Mendidik dengan Kekuatan Fitrah

Setahap-demi setahap terlewati sudah hingga sampai di materi ke #4 pada kuliah matrikulasi Ibu Profesional batch #2, yaitu Mendidik dengan Kekuatan Fitrah  (Materi klik disini). Materinya sangat menarik dan lagi-lagi sangat lezat, dan yang tak kalah lezatnya lagi adah Nice Homework yang diberikan.

Apakah Nice Homework kali ini? Check this out!

a. Mari kita lihat kembali Nice Homework #1 , apakah sampai hari ini anda tetap memilih jurusan ilmu tersebut di Universitas Kehidupan ini? Atau setelah merenung beberapa minggu ini, anda ingin mengubah jurusan ilmu yang akan dikuasai?

Apa yang akan saya pelajari di Universitas Kehidupan ini tetap sama, yaitu Ilmu Peka, karena dengan ilmu peka ini saya dilatih untuk mengobservasi, menganalisis, dan merasakan secara mendalam apa yang terjadi di sekitar saya dengan ketajaman hati dan ketajaman pikiran. Tentu ini tidak mudah karena perlu latihan yang terus menerus

Selain itu, berkaitan dengan materi tentang Mendidik degan Kekuatan Fitrah, maka ketajaman dan kebersihan hati (yang erat kaitannya dengan kepekaan) adalah langkah awal saya sebagai seorang ibu untuk membersamai anak saya tumbuh sesuai dengan fitrahya. Bismillah !

b.  Mari kita lihat Nice Homework #2,  sudahkah kita belajar konsisten untuk mengisi checklist harian kita? Checklist ini sebagai sarana kita untuk senantiasa terpicu “memantaskan diri” setiap saat. Latih dengan keras diri anda, agar lingkungan sekitar menjadi lunak terhadap diri kita.

Jawab :

Pada Checklist Indikator Profesionalisme Perempuan di NHW #2, saya telah menetapkan beberapa indikator profesional sebagi individu, istri, dan ibu. Setelah saya evaluasi 2 minggu terakhir, memang belum banyak checklist yang terpenuhi.

Kemungkinan ada 2 sebab, mengapa checklist tersebut belum terpenuhi. Pertama, manajemen waktu saya yang belum sempurna. Kedua, masih dalam proses pindah rumah, sehingga beberapa indikator masih sulit dikerjakan dikarenakan dalam masa peralihan. 

Tetapi in syaa Allah, saya akan terus memperbaiki hingga 3 bulan ke depan, yaitu pada tanggal 25 Januari 2017, dimulai dari manajemen waktu yang rapi. 


c.Baca dan renungkan kembali  Nice Homework #3, apakah sudah terbayang apa kira-kira maksud Allah menciptakan kita di muka bumi ini? Kalau sudah, maka tetapkan bidang yang  akan kita kuasai, sehingga peran hidup anda akan makin terlihat.

Jawab :

Setelah melewati perjalanan selama 25 tahun ini, banyak hal yang saya alami, banyak pelajaran dan hikmah yang saya dapat. Tadinya memiliki kebiasaan A menjadi B, memiliki keinginan C begeser menjadi D, awalnya membangun motivasi itu dengan motivasi E tapi berubah menjadi motivasi F, sehingga pada sisi positifnya saya menjadi menemukan passion saya yang bisa jadi memang terkubur selama ini karena sebab faktor diri pribadi dan juga lingkungan.

Saya selalu senang dengan kata-kata (bahasa) dan anak-anak. Saya selalu berbinar jika belajar bahasa Inggris, menghapalkan kata-kata ilmiah, berdiskusi, membaca karya sastra, tulisan ringan yang kaya makna, tulisan ilmiah yang penuh ilmu, atau sekedar berbagi kepada teman tentang isi buku yang telah saya baca.

Saya juga sangat menyukai anak-anak, tertarik dengan dunia mereka dan segala problematikanya. Selain itu, memang ketika kuliah di jurusan psikologi, saya mengambil banyak mata kuliah pilihan yang berhubungan dengan perkembangan dan pendidikan anak dibandingkan dengan psikologi industri dan organisasi yang umumnya banyak teman yang tertarik.

Maka setelah menelisik kembali apa yang telah saya lalui dan mencoba membaca tujuan Allah mengapa menciptakan saya, saya menetapkan bahwa :

Misi hidup saya adalah selalu memberi kebermafaatan untuk orang lain dengan memberikan informasi dan edukasi melalui media tulisan atapun lisan.

Bidang : Tulis menulis dan Psikologi pendidikan anak dan keluarga 

Peran : Penulis/ blogger, Komunikator /Public Speaker, dan Educator (pendidik)/Psikolog Pendidikan/Konselor.  
d. Setelah menemukan 3 hal tersebut,  susunlah ilmu-ilmu apa saja yang diperlukan untuk menjalankan misi hidup tersebut.

Jawab :

Untuk bisa menjadi ahli di bidang tulis menulis dan juga bidang pendidikan anak dan keluarga, maka tahapan ilmu yang harus dikuasai adalah sebagai berikut :

  1. Ilmu tentang kepenulisan, terutama dunia blog yang saya fokuskan untuk 1-3 tahun ke depan.
  2. Ilmu tentang komunikasi, public speaking, dan bahasa asing (terutama bahasa Inggris)
  3. Ilmu Bunda Sayang, Bunda Cekatan, Bunda Produktif, dan Bunda Shaleha yaitu tentang ilmu pengasuhan anak, manajemen pengelolaan diri dan rumah tangga, ilmu-ilmu seputar kemandirian finansial,  dan ilmu tentang kebermafaatan bagi orang lain
  4. Ilmu Psikologi Pendidikan anak dan keluarga yang didapat melalui pendidikan formal Psikologi Profesi/Magister Psikologi/Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini


e. Tetapkan Milestone untuk memandu setiap perjalanan anda menjalankan Misi Hidup

Setelah saya menetapkan misi hidup, maka saya akan membuat milestone untuk memandu setiap perjalanan saya.

KM 0 – KM 1 (tahun 1)

  1. Mempraktekkan secara konsisten ilmu Bunda Sayang dan Bunda Cekatan
  2. Konsisten menulis dan mengenal gaya tulisan sendiri, mulai mengikuti lomba-lomba pada KM 0.5

KM 1 – KM 2 (tahun 2)

  1. Mempraktekkan ilmu Bunda Produktif
  2. Sudah tahu niche blog yang sesuai dengan minat dan keahlian, menguasai mempraktekkan ilmu public speaking dan bahasa Inggris.  

KM 2 – KM 3 (tahun 3)

  1. Mempraktekkan ilmu Bunda Produktif dengan konsisten
  2. Berkecimpung di dunia blogger, konsisten mengelola blog sampai mencapai TLD (Top Level Domain) dan terus aktif menulis.

KM 3 – KM 4 (tahun 4)

  1. Mulai masuk pendidikan formal akademis yang berhubungan dengan psikologi 
  2. Mulai merambah dunia kepenulisan yang lebih luas, yaitu dunia penerbitan buku

f. Koreksi kembali checklist anda di NHW#2, apakah sudah anda masukkan waktu-waktu untuk mempelajari ilmu-ilmu tersebut di atas. Kalau belum segera ubah dan cantumkan.

Jawab :

Jika dilihat berdasarkan 3 pembagian waktu seorang ibu, yaitu waktu dalam menjalani rutinitas, waktu untuk pengembangan anak dan keluarga, dan waktu untuk pengembangan diri, memang waktu yang banyak adalah untuk rutinitas. Tetapi Alhamdulillah waktu-waktu untuk menguasai ilmu-ilmu yang ditetapkan telah dituliskan dalam kurun waktu 3 bulan, kecuali ilmu public speaking dan bahasa inggris. In syaa Allah akan ditentukan pada kurun 3 bulan ke depannya.

Lakukan, lakukan, lakukan!

Karena sejatina dunia ini terus bergerak dan berubah. Jika kita tak melakukan apa-apa, kita hanyalah akan menjadi seonggok daging yang hanya tergerus oleh zaman dan perubahannya. Sampai waktu pertanggung jawaban tiba, kita menyadari kita tak memperoleh hasil apa-apa dari potensi yang Allah berikan. Na’udzubilah.

Faayna tadzhabuun? Maka kemanakah kamu akan pergi?

 

2 thoughts on “Nice Homework #4 : Mendidik dengan Kekuatan Fitrah

  1. sofi, barusan pas baca tulisan NHW4 kamu, anak aku di dalem perut gerakannya kenceng banget. sebelumnya ga pernah sekenceng ini. hihihi…. makasih sofi… tulisan terakhirnya memacu banget. lakukan. lakukan. lakukan…. membuatku ingin segera beberes… tulisan yang indah di minggu yang cerah.

    Like

Leave a Reply

