Matrikulasi IP

Nice Homework #5 : Desain Pembelajaran

Belajar sejatinya adalah proses perubahan perilaku, karena di dalamnya terdapat proses menangkap ilmu pengetahuan dimana seorang individu yang sebelumnya tidak mampu menjadi mampu, sebelumnya tidak tahu menjadi tahu, sehingga terjadilah perubahan persepsi yang berujung pada perubahan perilaku.

Begitu pun di NHW#5 ini, saya belajar  membuat desain pembelajaran yang ‘gue banget’. Saya sebetulnya tidak bisa membuat desain pembelajaran, karena saya tidak kuliah di jurusan kependidikan. Tetapi dengan mengerjakan NHW#5 saya dituntut untuk tahu bagaimana membuat desain pembelajaran, jadilah saya searching di mbah google dan menyimak diskusi di grup matrikulasi agar ada dasar bagaimana membuat desain pembelajaran pada umumnya. Baru setelah itu saya mencoba membuat desain pembelajaran yang ‘gue banget’.

Karena saya nyaman dengan gaya belajar ala teori psikologi gestalt, dimana saya mengorganisasikan sesuatu dengan patokan tujuan dan struktur yang jelas sebagai satu kesatuan, agar mempermudah pemahaman saya. Akhirnya lahirlah desain pembelajaran ala saya yang saya namakan “The Sun of Mine”

Pada NHW#4 (baca disini), saya menuliskan bahwa misi hidup saya adalah menebar kebermanfaatan untuk orang lain melalui media lisan dan tulisan. Maka ‘The Sun of Mine’ menggambarkan tahapan peran yang akan saya lalui dalam menjalankan misi tersebut, dari mulai bunda sayang (as a smart mom), bunda cekatan (as a smart wife), bunda produktif (as a blogger/writer), baru kemudian bunda shaleha (as a psycholog/counselor/educator).

Garis putus-putus menunjukkan adanya tahap dalam mencapai keoptimalan masing-masing peran yang pada akhirnya kesemua peran itu akan berkesinambungan satu sama lain.

Jilat api menunjukkan tujuan dari ke-4 tahapan peran tersebut. Harapannya ketika semua tujuan itu tercapai, saya semakin bersemangat dalan menjalani misi hidup, layaknya jilat api yang berkobar menyala-nyala.

tujuan dari ke-4 tahapan peran tersebuat adalah sebagi berikut:

  1. Bunda sayang (smart mom) : menjadi pendidik utama dan pertama.
  2. Bunda cekatan (smart wife) : menjadi manager rumah tangga yang cakap.
  3. Bunda Produktif (blogger/writer) : menjadi individu yang mandiri dan punya karya.
  4. Bunda Shaleha (psycholog/counselor/educator) : menjadi individu yang bermanfaat bagi orang lain.

Setelah saya menggambarkan secara umum desain pembelajaran melalui “The Sun of Mine”, selanjutnya saya menjelaskan secara terperinci apa saja yang akan saya lakukan untuk mencapai ke-4 peran.

Berikut, penjelasan rincinya yang saya simpan di google drive dalam bentuk PDF :https://drive.google.com/file/d/0B6tNiIalCFAxLTByNXFZa2RKY3R1MHlhelktSmpHRXZ1dXF3/view?usp=sharing
In syaa Allah, saya akan memulai menerapkan desain pembelajaran ini sesuai milestone yang saya buat di NHW #4.

Demikianlah desain pembelajarn yang saya buat, semoga dengan adanya desain ini Allah meridloi, memberi jalan, dan memberkahi segala urusan dalam menjalani misi hidup saya.  Aamiin.

Leave a Reply

