Matrikulasi IP

NICE HOMEWORK #8 : MISI HIDUP DAN PRODUKTIVITAS

Ketika akan mengerjakan NHW #8 ini, saya jadi mengingat sekitar 6 tahun yang lalu, tepatnya tahun 2010. Untuk pertama kalinya saya dikenalkan dengan sebuah buku, yang berjudul ‘Tuhan, inilah proposal hidupku’, karya Jammil Azzaini.

Kebetulan, teman saya sudah terlebih dahulu memilikinya, jadi saya punya kesempatan untuk melihat-lihat dulu isinya sebelum membeli. Dan ternyata isinya bagus, kita diajak untuk membuat semacam proposal tentang impian yang kita miliki dan bagaimana membuat langkah-langkahnya dengan mengisi secara bertahap setiap lembarannya. Akhirnya segeralah saya membeli di toko buku Gramedia waktu itu.

Awalnya saya bersemangat untuk mengisi buku proposal itu, tapi lambat laun, kok malah jadi banyak mikirnya. Beberapa lembar saya lewat karena saya masih bingung harus mengisi apa. Nah, ternyata kemungkinan dulu itu, saya belum terlalu mengenal apa potensi kekuatan saya sendiri dan apa potensi kelemahan saya. Jadi ya begitu, mengisinya jadi malah tidak bersemangat, dan terkesan hanya bermimpi saja tanpa didasari bekal apa-apa.

Nah, pada NHW #8 ini, saya ditantang untuk merinci secara teknis, bagaimana tahapannya menjalankan misi hidup. Hal yang lebih penting lagi adalah, bagaimana misi hidup yang saya jalani dapat menunjang produktivitas diri dan keluarga saya. Dan ini seperti merancang proposal hidup saya kembali. 😀

Berikut ini langkah-langkah yang harus saya isi.

a. Ambil salah satu dari ranah aktivitas yang sudah teman-teman tulis di kuadran SUKA dan BISA.

Jika boleh saya akan ambil 2 aktivitas yang bisa saling berhubungan, yaitu aktivitas merencanakan dan melaksanakan pendidikan untuk anak (terrmasuk di dalamnya aktivitas observe, engage, dan watch & listen) dan juga menulis.

Aktivitas yang pertama disebutkan, tak lain dan tak bukan adalah program Home Education, dimana saya sebagai orang tua mampu membangkitkan fitrah anak-anak.

b. Setelah ketemu satu hal, jawablah pertanyaan ‘Be Do Have, dibawah ini :

1. Kita ingin menjadi apa? (Be)

Saya ingin menjadi Ibu yang profesional. Bersungguh-sungguh dalam mencapai ‘The Sun of Mine’, seperti yang saya tuliskan di NHW #5.

2. Kita ingin melakukan apa? (Do)

  • Mendidik anak sesuai fitrah agar road map anak jelas dan terarah, sehingga ketika masuk usia 15 tahun anak sudah tahu apa bakat yang sebaiknya terus diasah dan akan menunjang kehidupan mereka di masa depan
  • Menyediakan segala fasilitas belajar yang sesuai dengan milestone dan kebutuhan anak
  • Konsisten mendokumentasikan kegiatan anak berupa hasil karya yang nantinya akan menjadi portofolio anak, juga dalam bentuk foto, video, dan tulisan di jurnal (di buku/blog) yang akan menjadi rekam jejak anak di kemudian hari

Nah, inilah kenapa di poin pertama, saya mengambil 2 aktivitas, karena aktivitas menulis dapat terus diasah, salah satunya dengan menulis rekam jejak anak di buku jurnal anak ataupun blog pribadi yang saya miliki. Sehingga saya harap, ketika saya sudah konsisten menulis, banyak ide lain yang akan bisa saya tulis, dan akan menunjang produktivitas saya sebagai pribadi

  • Selalu mengapresiasi hasil kerja anak dan suami, juga diri sendiri untuk menciptakan energi dan karakter positif dalam keluarga
  • Menjadikan rumah tempat ternyaman bagi seluruh anggota keluarga

3. Kita ingin memiliki apa? (Have)

  • Anak-anak yang sholeh/ah
  • Keluarga yang produktif, harmonis, dan sejahtera
  • Dokumen portofolio anak
  • Catatan road map anak dan juga pernikahan
  • Sebuah karya berupa buku atau artikel yang dapat bermafaat bagi banyak orang dan tentu menginspirasi
  • Tersedianya sebuah perpustakaan dan workshop untuk setiap anggota keluarga di rumah
  • Rumah dan aset lainnya (baik yang bersifat keduniawian maupun ukhrawi)
  • Relasi yang baik

c. Perhatikan 3 aspek dimensi waktu di bawah ini dan isilah :

1. Apa yang ingin kita capai dalam kurun waktu kehidupan kita (lifetime purpose)

  • Selalu dalam ‘jalur’ rasa syukur dan qana’ah
  • Hapal Al-Quran 30 juz
  • Tuntas menjalani rukun islam yang ke-5
  • Mencapai aktualisasi diri dengan easy, enjoy, excellent dan earn (mempunyai sebuah karya dan jasa yang dapat menjadi amal jariyah)
  • Menjalani peran di ‘The Sun of Mine’ dengan gemilang dan diberkahi Allah SWT
  • Berperan mengantarkan anak-anak dan suami mencapai keberhasilnnya
  • Menjadi anak sholeh yang mampu mendampingi orang tuanya di masa tua kelak

2. Apa yang ingin kita capai dalam kurun waktu 5-10 tahun ke depan (strategic plan) 

  • 5 tahun pertama : Tercapainya The Sun of Mine
  • 5 tahun kedua : Selesai pendidikan formal, terus produktif mengasah kemampuan, memiliki karya lebih dari 1 buku, hapal Al-Quran

3. Apa yang ingin kita capai dalam kurun waktu satu tahun (new year resolution) 

  • Mulai menapaki 0 KM kehidupan dengan bergairah, seperti dijabarkan di NHW #4
  • Konsisten melakukan checklist indikator profesionalisme perempuan, seperti dijabarkan di NHW #2
  • Tercapainya target Bunda Sayang dan Cekatan, seperti dijabarkan di NHW #4 dan #5

Demikianlah langkah-langkah yang saya ambil untuk menunjang produktivitas diri demi menjalankan misi hidup.

 

Leave a Reply

