ODOPfor99days2017 · Reflection

Warisan Akhir Zaman 

Teringat dulu ceramahnya ust. Aam Amiruddin, agak lupa konteks persisnya, tapi yang tertempel di otak saya adalah seperti ini : 

‘Apa yang orang tua lakukan itu akan direkam oleh anak, baik sengaja maupun tidak.’

Lihat ayahnya yang memperlakukan ibunya dengan lemah lembut, kemungkinan seorang anak laki-laki akan menjelma menjadi seorang gagah yang lemah lembut pula.

Lihat ibunya yang bisa mengatur seisi rumah dengan apik, kemungkinan seorang anak perempuam akan menjadi seorang wanita/istri yang pandai pula mengatur rumah. 

Lihat ibunya yang selalu mengandalkan warung nasi untuk makan keluarganya, kira-kira bagaimana seorang anak perempuan kelak melayani keluarganya? Atau lihat ayahnya yang hanya tetap asyik menatap layar hp ketika adzan berkumandang, apa yang akan dilakukan anak laki-lakinya ketika ‘seruan jihad’ akhir zaman digaungkan? (Mengingat banyak yang mengatakan bahwa sekarang sudah masuk akhir zaman 😿)

Ya, saya pikir, jika kematian kelak menjemput, apa yg kita wariskan bukanlah soal harta apalagi tahta. Melainkan apa adab dan kebiasan baik yang dapat membantu anak kita manjadi generasi yang beradab.

#PenghujungHari2016

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s