Bunda Sayang Challange · ODOPfor99days2017 · Road Map Raaiq

Sholat Yuk Bunda!

Kamis, 26 Januari 2017.

Hari kedua, mengikuti challange komunikasi produktif kelas Bunda Sayang Institut Ibu Profesional, membuat saya lebih aware berkomunikasi yang baik dengan anak (berhubung suami masih susah dihubungi karena perihal sinyal).

Setiap hari saya berkomunikasi dengan anak, mendidiknya agar menjadi individu yang adaptif. Setiap hari juga saya harus meyakini bahwa saya sendiri lah yang bertanggung jawab atas hasil komunikasi yang saya lakukan ( i’m responsible for my communication results)

Maka untuk mendapat hasil yang terbaik, strategi berkomunikasi pun sebaiknya dilakukan dengan racikan yang baik sesuai dengan daya tangkap anak yang masih di usia 18 bulan 3 minggu.

= = = = = = = = = = = = = =

Hari ini saya belajar lagi, bagaimana memberikan pujian dengan jelas terhadap perilaku anak.

Ketika adzan ashar berkumandang, Raaiq yang sedang saya beri ASI menatap saya, ‘nah!’, mengisyaratkan bahwa dirinya mendengar adzan.

‘Oat..’, sholat ujarnya. Saya mengucap alhamdulillah dalam hati, karena Raaiq sudah tahu kalau adzan harus sholat. Kalau adzan adalah panggilan untuk sholat.

Maka saya pun langsung menerjemahkan apa yang diinginkan Raaiq. ‘Alhamdulillah, adzan ya ka. Kaka mau sholat ya. Yuk sholat.’ Lalu saya pun menghamparkan sejadah dan memakaikan sarung (Raaiq belum saya kenalkan untuk berwudlu, jadi langsung saja sholat :)). Kemudian, sholatlah jagoan saya ini dengan gerakan sholat yang dia tahu. 

Selesai sholat, Raaiq pun tersenyum. ‘Ka, udah sholatnya?’ Saya bertanya. 

‘Udah’, jawabnya. 

‘Alhamdulillah, kaka udah pinter sholatnya ya. Yang sholeh terus ya nak’ 

‘Sekarang, coba sini buka sarungnya.’

= = = = = = = = = = = = = = =

Alhamdulillah, semoga pujian saya terhadap perilaku Raaiq yang sholat dengan senang hati dan dengan inisiatif sendiri, menjadi pemantik fitrah keimanan dan fitrah belajarnya. Aamiin.

Note : saya masih harus memperjelas lagi dalam kalimat ‘pinter sholat’, apakah dalam hal inisiatifnya atau dalam gerakannya, sehingga di kemudian hari Raaiq lebih paham.

Tetap semangat!

#hari2

#tantangan10hari

#komunikasiproduktif

#kuliahbunsayIIP

Leave a Reply

