Bunda Sayang Challange · ODOPfor99days2017 · Road Map Raaiq

‘Dorongan’ Besar 

Garut, 26 Februari 2017

Membersamai anak dalam melatih kemandirian adalah sebuah tantangan tersendiri bagi saya sebagai orang tua. Bagaimana tidak, saya harus bisa ‘melepas’ anak untuk melakukan hal yang sebelumnya belum mampu dilakukan anak.

Di usianya yang 1 tahun 7 bulan (rentang 1-3 tahun), kemandirian yang sudah harus dilatih adalah bagaimana Raaiq mengontrol diri sendiri, artinya Raaiq setahap demi setahap mampu menyelesaikan urusannya sendiri. Maka, 3 skill kemandirian yang akan saya latihkan adalah toilet training, berbicara  jika membutuhkan sesuatu, dan juga keterampilan hidup.

== Toilet Training ==

Saya selalu mengatakan kepada Raaiq, ‘kalau kaka ingin pipis atau e* bilang ke Bunda ya..’

Raaiq pun mengangguk, lalu saya pun selalu mengajaknya untuk bersimulasi, ‘gimana nak, kalau mau pipis bilangnya?’

‘Pipis…’, Raaiq pun menjawab.

‘Sip, kaka pinter..’, saya menanggapi.

Tapi nyatanya, anak kecilku ini bilang pipis, kalau sudah pipis, hihi (Raaiq masih bilang e*, kalau pipis). Yes, this is process, right?

Nah, lain halnya dengan pup nih, berhubung pup itu perlu proses yang lebih lama untuk keluar dibandingkan pee, jadi ketika Raaiq bilang ‘e*..’, cepat-cepatlah saya mengajaknya ke toilet 😁. Dan, sudah sekitar 3 hari proses pup ini berhasil di toilet. Yeay!

Pertama kali pup di toilet, hampir saja Raaiq mencoba (maaf) menyentuh pup yang keluar. Penasaran kali nih anak! Haha, maka spontan lah saya agak teriak, ‘ehhh, jangan ka, itu kotor gak boleh disentuh, harus dibuang..yuk kita buang..dadah e*’

Jadilah sekarang, kalau Raaiq sudah pup, dia bilang, ‘buang..buang..dadah..’, hehe.

Alhamdulillah, hari ini pun saya mulai melihat kalau Raaiq kurang nyaman memakai pospak ataupun clodi. Ya, memang untuk malam hari saya masih memakaikannya pospak, niatnya agar Raaiq belajar tahap demi tahap saja (sambil menyiapkan diri juga sebenarnya untuk menghadapi anak yang mungkin ngompol di malam hari, apalagi cuaca sekarang di Garut ini makin dingin aja, in syaa Allah as soon ass possible dimulai prosesnya).

‘Nda..nda..sakit..’, Raaiq agak merengek

‘Udah gak enak ya nak pakai diapers, hebat berarti Raaiq belajar dengan cepat. Tapi sekarang kalau malam masih pakai diapers ya nak, setahap demi setahap aja ya..’ saya coba berempati dan menjelaskan kepada Raaiq, meski dalam hati saya merasa bersalah karena belum baik dala konsistensi.

Alhamdulillah, you are smart boy, hon! In syaa Allah.

== Berbicara Jika Membutuhkan Sesuatu == 

Maa syaa Allah, untuk hal ini Raaiq sudah mampu melakukannya dan kemampuannya terus berkembang.

‘Nda, minum..’, ketika terbangun malam pun, sudah mampu untuk mengutarakan keinginannya untuk minum karena kehausan.

‘Nda, apa ni?’, jika penasan dengan objek yang asing baginya.

‘Nda, bobo..’, sudah bisa mengajak bundanya ke tempat tidur, kalau Raaiq sudah mengantuk.

‘Gak mau..’, mampu menolak apa yang tidak diinginkannya atau tidak dibutuhkannya. Misalnya ketika mengajaknya tidur ataupun makan.

== Keterampilan Hidup == 

Dari cemilan materi kuliah bunda sayang, disebutkan bahwa prinsip pokok dalam menumbuhkan kemandirian adalah memberi kesempatan, bukan melatih. Karena, pada dasarnya anak memiliki kecenderungan untuk melakukan berbagai keterampilan hidup secara mandiri.

Maka setiap harinya, saya coba untuk selalu memberi kesempatan Raaiq untuk terampil menguasai keterampilan hidup, diantaranya : makan sendiri, minum dengan gelas kaca, membereskan mainan, membuang sampah ke tempatnya, menggunakan minyak wangi, menyisir rambut, dan sebagainya.

Selain memberi kesempatan, yang terutama bagi saya adalah memberi teladan. Dan it’s work! Karena anak itu peniru ulung bukan? Children see children do.

Yes, We Can Azkadia!

#GameLevel2

#KuliahBunsayIIP

#MelatihKemandirian

#Hari2

Leave a Reply

