Bunda Sayang Challange · ODOPfor99days2017 · Road Map Raaiq

Aku Bisa Pakai Sandal Sendiri

Raaiq dan sandalnya 🙂

Hari ini, saya diberi kejutan oleh krucil sholeh satu ini. Seperti biasa, siang ini saya bermain bersama dengan Raaiq, dan sesekali saya membiarkannya bermain sendiri. Kebetulan, ketika terakhir dilihat, Raaiq memang sedang bersama dengan sandal barunya itu. 

Dan, ternyata ketika Raaiq menghampiri saya, sandal barunya telah terpasang (meski, jari di kaki kirinya belum terpasang dengan benar).

‘Lah, siapa yang pasangin?’ tanya saya dalam hati. ‘Gak ada orang kok, Yaa Allah berarti ini anak sudah berusaha pakai sandal sendiri, dan tanpa merengek apapun pemirsah..’.

‘Wah, kaka udah bisa pakai sandal sendiri ya, hebat!’, saya sangat antusias dengan capaian kemampuannya.

Memang betul, pada dasarnya anak cenderung belajar memiliki kemandirian. Yang saya perhatikan, awalnya Raaiq sangat suka untuk memakai sepatu atau sandal orang dewasa, mau itu punya ayahnya, tantenya, bune atau pakinya, atau siapapun. Saya sering kali membiarkannya dan memberi kesempatan Raaiq untuk belajar, meski orang yang melihatnya pasti khawatir Raaiq terjatuh. Tetapi malah dari proses tersebut lah Raaiq sedikit demi sedikit mampu untuk memasang sandalnya.

Karena untuk munumbuhkan kemandirian dalam keterampilan hidup, prinsip pokonya bukan melatih tetapi, memberi kesempatan. Selain itu memberikan motivasi, teladan, dan juga konsistensi adalah kunci lain menuju kemandirian yang diinginkan. 

Yes, We Can Azkadia!

Garut, 28 Februari 2017
#GameLevel2

#KuliahBunSayIIP

#MelatihKemandirian

#Hari4

Leave a Reply

