Bunda Sayang Challange · ODOPfor99days2017 · Road Map Raaiq

Ambil Lap untuk Lantai Basah 

Garut, 2 Maret 2017

Hari Kamis, hari yang menyenangkan bagi saya, karena hari ini, jadwal kerja selesai. Seperti halnya para karyawan yang bersuka cita menyambut weekend yang jauh dari hiruk pikuk dunia kerja. Bagi saya ini sama, karena Hari Kamis pertanda waktu main saya dengan Raaiq dimulai.

Hari libur sudah di depan mata, akan tambah mantap jika diisi dengan silaturahim dengan keluarga besar tercinta. Pas banget, hari ini pun ada jadwal silaturahim dengan keluarga besar terkait rencana pernikahan adik pertama saya. 

Berkumpul dengan keluarga jadi ajang melatih social skill Raaiq dalam berinteraksi dengan anak sebayanya. Meski masih terlihat asik sendiri, tapi Raaiq sangat riang jika ditengah-tengah keramaian keluarga.

Terkait dengan toilet training, memang agak sedikit terganggu kalau ada silaturahim keluarga seperti ini. Soalnya, Raaiq pasti saya pakaikan pospak. Maka hari ini, toilet training tidak dilakukan. Apalagi kalau jadwal saya kerja, ‘teteh’ yang bantu ngasuh Raaiq sepertinya ‘agak malas’ untuk bantu melakukan toilet training. 

Saya ikut prinsip ibu mertua saja deh dari pada jengkel, yaitu tidak memaksakan kehendak kepada ‘teteh’ yang bantu untuk melaksanakan toilet tarining jika saya kerja. Zaman sekarang, susah banget nyari yang mau bantu di rumah, tapi kami alhamdulillah masih ada yang bantu. Solanya selain ngasuh Raaiq, teteh ini juga bantu beres-beres di rumah saya dan ibu mertua. Jadi ya, saya coba perlahan-lahan saja kasih tau ‘teteh’ nya.

By the way, kembali lagi ke silaturahim keluarga, disana Raaiq menampilkan kemandiriannya loh, alhamdulillah :D. Meski toilet training berjalan agak tersendat, tapi untuk keterampilan hidupnya harus tetap digaungkan, hihi..

Kebetulan salah satu kamar di rumah aki, yang menjadi tempat silaturahim, langit-langitnya bocor. Jadi selalu saja ada air menggenang disana, meski tak banyak. Setiap Raaiq mau kesana, semua orang bantu melarang, tapi karena setiap orang sedang fokus dengan perbincangannya, alhasil dari kami tak menyempatkan cari lap, hanya melarang Raaiq saja dan mencoba menutup pintu kamarnya.

Ehh, taunya yang inisiatif ambil lap adalah Raaiq. Yor are good boy, hon!  

Raaiq mengambil lap di atas meja makan, meski lap yang diambil adalah lap kain tahan panas yang biasa digunakan untuk ambil panci panas. Tapi inisiatif dan kemadiriannya dalam problem solving patut diapresiasi.

Perilaku yang Raaiq tampilkan ini, benar-benar memotivasi saya untuk lebih baik dalam menemani Raaiq melalui proses kemandiriannya.

Yes, You Can Raaiq! 

Yes, I Can!

#GameLevel2

#KuliahBunsayIIP

#MelatihKemandirian 

#Hari6

Leave a Reply

