Bunda Sayang Challange · ODOPfor99days2017 · Road Map Raaiq

One Week One Skill 

Garut, 5 Maret 2017

Target saya dalam melatih 3 skill kemandirian Raaiq sampai usia 24 bulan adalah lebih pada penekanan teknik debriefing sekaligus pemberian tauladan dan kesempatan (terutama dalam membangun kemandirian dalam keterampilan hidup). Baru setelah 24 tahun saya akan menambah teknik kedisiplinan dan konsisitensi, baik yang berlaku bagi saya maupun Raaiq.

Saya awal tahu istilah debriefieng, ketika saya membaca tulisan di Fans Page Yayasan Kita dan Buah Hati (YKBH), asuhan Ibu Elly Risman, Psikolog. Teknik debriefing adalah cara yang digunakan untuk membantu anak dalam membingkai peristiwa-peristiwa yang akan dihadapi atau sudah dilewati. Mungkin istilah debriefing ini lebih dikenal dengan istilah sounding. Dengan kata lain, saya berusaha memberikan penjelasan dan juga arahan kepada Raaiq tentang skill kemandirian yang  akan dilatihkan secara lisan, sehingga Raaiq dapat melakukan ‘persiapan’ dalam melalui prosesnya. Nah, sedangkan pemberian tauladan dan kesempatan itu, semacam penekanan dari debriefing yang dilakukan.

Alhamdulillah, selama ini 3 cara itu sangat mujarab dalam mengkondisikan Raaiq dalam beberapa skill kemandirian yang sudah saya latihkan kepada Raaiq selama ini.

Nah, untuk skill kemandirian yang belum saya tumbuhkan, saya memanfaatkan program di Challange Kelas Bunda Sayang, yaitu One Week One Skill. Bukan berarti Raaiq harus menguasai 1 skill kemandiriannya setiap 1 minggu. Tetapi lebih pada tujuan saya untuk check and rechek apa saja kemandirian Raaiq yang harus ditumbuhkan dan juga dievaluasi setiap minggunya.

Untuk one week one skill minggu ini (6-12 Maret 2017) adalah belajar melepas dan memakai celana (yang terkait dengan proses toilet training). Hari ini pun saya sudah mulai mengenalkan Raaiq bagaimana melepas celana dengan konsep diturunkan (melepas) dan dinaikkan (dipakai).

Alhamdulillah Raaiq pun mulai bisa untuk menurunkan celana meski masih kadang terbalik dengan menaikkan.

Bismillah..

Yes, We Can Azkadia! 


#GameLevel2

#KuliahBunsayIIP

#MelatihKemandirian

#Hari7

Leave a Reply

