Bunda Sayang Challange · ODOPfor99days2017

Family Project Day #3

Hari Minggu ini, sebetulnya keluarga kami belum melaksanakan projek keluarga secara teknis. Masih mencari sumber-sumber inspirasi, bagaimana membuat projek diorama kehidupan laut yang sederhana dan dapat dinikmati semua anggota keluarga.

Sebagai Concept Leader, saya lah yang bertugas mencari sumber inspirasi dalam projek keluarga kami ini. Meski projek ini terbilang sederhana, tapi kalau belum pernah membuat, tetap saja perlu informasi yang cukup tentang bahan yang diperlukan maupun langkah-langkah membuatnya. 

Pencarian pertama, saya langsung ingat Lesson Plan bertema ikan di blognya Sabumi Muslim Homeschooling Bandung. Alhamdulillah, dapat tutorial bagaimana membuat diorama kehidupan bawah laut disini [https://sabumibdg.wordpress.com/2016/12/17/lesson-plan-ikan-fish-samakun/%5D

Pencarian kedua, saya coba search di google dan bertemu dengan halaman ini [http://www.productivemamas.com/2015/04/diorama-bawah-laut.html?m=1%5D.

Yes, alhamdulillah dari 2 blog ini saya tercerahkan dan terarahkan bagaimana membuat projek diorama kehidupan laut. Dan berarti besok, jadwalnya adalah mengumpulkan bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat projek ini. 

Oia, hari ini Raaiq main ke rumah sepupunya, dan kebetulan sepupunya disana lagi nonton film ‘Moana’, yang latar filmnya itu lautan. Nah, tak saya sia-siakan momentum ini, untuk kembali mengenalkan Raaiq tentang kehidupan laut, sebagai persiapan membuat projek kita juga. 

Eh, by the way kenapa untuk buat projek kehidupan laut yang bisa saja selesai  dalam sehari, kok kami menjadwalkan selama seminggu sih? 

Ceritanya sih, kami ingin anak kecil kami menikmati projek ini sebagai ladang bermainnya. Mulai dari kegiatan mewarnai, menggunting, menempel, melipat, sampai pengenalan tentang Asmaul Husna.[Konsep family project kami baca disini]

Dengan anak usia 20 bulan yang rentang konsentrasinya masih (kurang lebih) 2 menit, pastinya kegiatan tadi menjadi hal yang menantang bagi kami orang tuanya. Sekarang pun, Raaiq sudah bisa memilih sendiri kegiatan apa yang ingin dilakukannya. Maka bisa jadi kegiatan tadi tidak akan semulus dan secepat dibayangkan, jika Raaiq memilih kegiatan yang lain, selain projek ini.

Kemudian, dalam waktu rentang 1 minggu itu, selama 3 hari saya harus pergi ke sekolah untuk menunaikan kewajiban saya sebagai guru BK di SD. Jadi pasti akan ada jeda waktu untuk distraksi-distraksi yang muncul.

Oke, inilah cerita kami hari ini tentang projek yang akan kami lakukan.

-Azkadia Family-
#Hari3

#GameLevel3

#KuliahBunsayIIP

#MyFamilyMyTeam


Advertisements

One thought on “Family Project Day #3

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s