Matrikulasi IP

Tantangan Posisi Kala Ini

Sudah hampir 3 bulan yang lalu, saya diamanahi menjadi tim online manager di IIP Garut. Tantangan amanah yang tak terpikirkan sebelumnya, saya hanya berpikir bahwa sementara saya akan ‘duduk manis’ menikmati sisa-sisa matrikulasi yang euforianya menggema di seantero media sosial yang saya miliki (terutama facebook). Ya, bagaimana tidak, hampir semua teman yang ada di dunia maya sana adalah teman yang juga mengikuti matrikulasi batch #2 akhir tahun 2016 kemarin. Jadi segala macam up date tentang matrikulasi dan prosesi wisudanya terpampang jelas dalam status-status yang di publish. 

Tapi, ternyata pikiran itu berhenti ketika ada tawaran dari koordinator IIP Garut untuk gabung menjadi admin kota. Alhamdulillah, sisa perjuangan matrikulasi yang masih terjaga mendorong semangat saya untuk membantu IIP Garut yang masih tahap awal perkembangan. Belum banyak masyarakat Garut sini yang mengetahui keberadaan IIP Garut, terbukti dari matrikulasi batch #2 yang hanya diikuti 4 orang peserta. Kondisi inilah yang juga jadi pemantik semangat saya untuk ikut berkecimpung di dunia ‘peradminan’. 

Sebagai admin tim online manager merupakan tantangan perdana bagi saya. Karena sebelumnya saya tidak pernah memegang amanah yang berkaitan dengan sistem online yang notaben bergelut dengan smartphone ataupun gawai (gadget)  yang serupa untuk membagikan informasi, mengkoordinasi kulwap, ataupun mengatur alur komunikasi di WAG. Senang rasanya bisa berbagi dan menyambungkan silaturahim di antara para ibu-ibu yang sebelumnya tidak saling kenal. Lagi pula, posisi ini bisa jadi cocok kalau melihat potensi peran yang saya miliki. Karena memang saya cenderung tipe maven dan juga connector. Dan alhamdulillah berkat kerja sama antar para admin di IIP Garut, sekarang WAG  foundation yang tadinya bisa dibilang mati suri, sekarang selalu rame chat setiap harinya dengan jumlah anggota yang selalu bertambah.

Tapi tentunya kedua peran di atas tadi harus terus diasah seiring dengan tantangan yang datang. Qodarullah, tak lama setelah diamanahi jadi admin di IIP Garut, saya pun menjadi guru BK di sekolah swasta di sini. Maka tantangannya adalah bagaimana saya bisa mengatur waktu sedemkian rupa agar kedua tugas ini bisa berjalan dengan baik. Perlu adaptasi yang lumayan sengit bagi saya, karena 2 tugas ini datang hampir berbarengan dan menyesuaikan dengan pola keseharian saya yang tadinya full time mom yang juga LDR.

Maka sejujurnya, saya masih tertatih-tatih dalam mengatur semua ini. Apalagi kalau suami sedang pulang, kami masih saling merindu, anak sholeh kecil kami yang masih perlu ditemani, kemudian harus berbagi waktu untuk kewajiban saya yang lainnya. 

Tapi, yang namanya ikut komunitas ada namanya komitmen, apalagi saya diajarkan untuk taat asas juga memegang prinsip berbagi dan melayani, bukan menuntut. Maka saya belajar untuk terus belajar memntaskan diri. Karena tantangan ini tidak serta merta datang tanpa ada solusi.

Maka, perbaikan yang sepatutnya saya lakukan adalah : 

1. Mengkomunikasikan dengan baik tentang kondisi ini kepada suami dan anak. Minta izin dan pengertiannya. Meski dulu saya sempat menjelaskan apa yang saya lakukan di IIP, ternyata proses ini harus selalu dievaluasi, karena kadang ada informasi yang tak sampai kepasa suami ataupun anak. 

2. Lebih disiplin waktu yang berkaitan dengan kewajiban juga perihal waktu istirahat.

3. Up grade ilmu yang berkaitan dengan kewajiban yang dijalankan. Khususnya up grade ilmu (baik soft skill maupun hard skill) tentang dunia admnin online. 

4. Tak lupa selalu berusaha mengkomunikasikan kondisi diri dan keluarga kepada komunitas. Agar tercipta rasa saling menghargai dan toleransi.

Garut, 2 April 2017  


Leave a Reply

