Bunda Sayang Challange · ODOPfor99days2017

Family Project Day #7

Semangat!

Itu kata yang keluar dari pikiran saya ketika akan memulai lagi projek kami hari ini. Hari Rabu masih hari sekolah, tenaga ekstra harus dikerahkan demi projek ini. Agenda hari ini menempel latar berwarna biru dan menggunting para binatang yang akan jadi tokoh diorama.

Tak lama dari sepulang sekolah, saya mengajak Raaiq untuk kembali mrojek, mengajaknya menempel dan menggunting. Dengan antusias anak ini segera duduk di lantai menunggu saya mengeluarkan bahan mrojek.

Mulailah saya dengan mengajaknya memilih binatang mana yang akan digunting pertama kali. Raaiq pilih ikan yang bersembunyi dibalik rumput laut, mungkin ikannya mirip dengan ikan badut yang sudah dia ketahui. Dan tentu yang menggunting adalah saya, karena belum saatnya Raaiq belajar menggunakan gunting, kecuali gunting plastik mainan, tapi sayangnya sampai projek ini dijalankan saya belum menemukannya untuk dibeli.

10 menit pertama keadan aman sentosa. Sambil berceloteh girang, Raaiq dengan tenang duduk di pangkuan sambil saya menggunting binatang yang dipilihnya. Menit berikutnya, rasa penasaran Raaiq untuk melakukan sendiri acara gunting menggunting ini mulai muncul. Pangkuan tak lagi jadi tempat nyaman baginya. Sekarang dia ingin mengambil alih keseruan menggunting, tapi karena guntingnya cukup besar dan bahaya jika dimainkan anak kecil. Maka selanjutnya saya mengalihkan aktivitas untuk menempel.

Saya gantikan gunting dengan double tape ukuran mungil untuk disobek dan ditempel di dasar kotak sepatu (untuk menempel latar kertas biru). Saya contohkan bagaimana merobeknya dan menempel, tapi sepertinya Raaiq lebih senang untuk mengukur double tape-nya dibanding merobeknya. Heuheu.

Beberapa binatang yang selesai digunting

Ketika saya pun asyik menempel double tape yang sengaja disobek beberapa bagian. Spontan anak ini menghitung double tape yang saya tempelkan, nomor satu sampai sepuluh disebutkannya dengan jelas dan berurutan. Padahal mah bagian double tape-nya gak sampai 10 bagian, hihi. Tapi alhamdulillah, bersyukur dengan kecerdasan yang mulai ditampakkannya.

Selesai itu, Raaiq saya ajak mencabut lapisan atas double tape agar kertas birunya bisa menempel. Lalu saya pun menempelkannya. Sedangkan Raaiq, asyik mencabuti double tape yang ditempel di bagian tutup kotak sepatu, lalu ditempelkannya kembali di atas lantai.

Beberapa menit kemudian, rasa bosan tampaknya mulai menghampiri si kecil, keadan tak lagi kondusif, maka saya pun mengajaknya mrojek lagi esok hari.

Hasil projek hari ini (5 April 2017)

====

Memiliki waktu dengan si kecil adalah momen yang selalu berharga. Membersamainya melatih motorik halus dengan menempel, membiasakannya membuat preferensi, dan menjelaskan resiko akan sesuatu merupakan hal yang saya nikmati. Dan berharap si kecil pun merasa bahagia dan nyaman melewati momen ini.

===

My family My Team

#Hari7

#Level3

#KuliahBunsayIIP

#MyFamilyMyTeam

Leave a Reply

