Bunda Sayang Challange

Menemukan Gaya Belajar Anak_2

‘Temukan pasangannya yuk ka!’

Hari ini saya mengajak Raaiq bermain untuk menemukan pasangan sepatu dalam rangka melatih kemampuan visualnya.

3 pasang sepatu saya pisahkan masing-masing dari pasangannya. Saya sodorkan pasangan lainnya kepada Raaiq untuk dipertemukan dengan pasangannya yang sesuai. Setelah mendengar instruksi yang singkat dari saya, Raaiq langsung dapat menemukan pasangan sepatu yang tepat. Tak hanya itu, Raaiq membuat sepatu-sepatu itu berderetan memanjang layaknya kereta api dan gerbongnya.

‘Tut..tu…’, Raaiq membunyikan suara kereta apinya.

Seperti biasa, Raaiq memang selalu langsung menangkap instruksi yang diberikan dan tak lama kemudian langsung ‘take action’. Sering kali, anak ini tak sabar untuk melakukan hal yang sama dengan yang dilakukan orang dewasa.

Ketika melakukan kegiatan gunting menggunting di family project, tak perlu waktu yang lama untuk Raaiq ingin juga melakukan hal yang sama dengan yang saya lakukan. Ketika saya mencontohkan bermain mobil-mobilan di bidang miring, dengan sigap dan segera ingin juga melakukan hal serupa.

Hmmm, visualkah cara belajar Raaiq? 

Hal lain yang bisa jadi salah satu bukti kalau Raaiq punya gaya visual adalah tak terganggunya Raaiq dengan keadaan yang berisik kalau mau/sedang tidur ataupun jika melakukan aktivitas lain (misalnya tetap asik bermain mobil dan hal lain yang diminati ketika kumpul keluarga besar).

Tapi di sisi lain, indera pendengaran anak ini sangat sensitif pada suara-suara yang tidak familiar dengan dirinya. Raaiq malah akan lebih kaget dan cenderung takut pada bunyi-bunyi tertentu.

=====

Oke, tetap semangat menemukan gaya belajarnya!

#Hari2

#Level4

#KuliahBunsayIIP

#GayaBelajarAnak

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s