Bunda Sayang Challange · ODOPfor99days2017

Menemukan Gaya Belajar Anak_3 

P..Q..R..S..Y..Z..

Suatu hari saya mendengarkan Raaiq berceloteh membunyikan bunyi huruf. Celotehan yang sama akhir-akhir ini selalu berulang, pun ketika Raaiq melihat keyborad laptop milik eninnya. Sambil menunjuk huruf secara acak, bunyi huruf itu pun keluar dari mulutnya yang mungil. 

Saya memang sering kali mendendangkan lagu ABCD kepada Raaiq, namun seingat saya celotehan bunyi huruf-nya ditampilkannya ini setelah Raaiq bernyanyi lagu ABCD dengan bune-nya sambil diperlihatkan gambar huruf ABCD di boneka ulat yang ada di rumah bune.

Visual kah gaya belajar Raaiq? 

Termasuk hari ini, saya kembali bermain dengan Raaiq bagaimana air bisa berubah jika ditetesi pewarna (hijau). Setelah saya mencontohkan, segera Raaiq mengambil alih semuanya.

‘Aaiq..Aaiq..’, celoteh Raaiq ingin segera melakukannya sendiri, sabagaimana para pemilik gaya belajar visual yang tidak tahan ingin segera melakukannya sendiri setelah instruksi diberikan.

Awalnya Raaiq hanya meneteskan pewarna di gelas lain yang berisi air seperti yang saya contohkan. Setelah dia melihat perubahan warna yang terjadi, tetes demi tetes dia tuangkan kembali ke gelas yang sama sehingga warnanya menjadi hijau tua. Kemudian meneteskan kembali ke mangkuk makan yang ada di sampingnya. Tetes demi tetes dituangkan, tak hanya ke mangkuk namun juga lantai mendapat giliran untuk ditetesi. Setelahnya, semua air yang ada di gelas dituangkan ke dalam mangkuk, Raaiq kocek-kocek kemudian semua tangannya ikut masuk nyemplung ke dalam mangkuk yang berisi cairan hijau itu.

Ini perilaku para pemilik gaya belajar kinestetik, punya cara sendiri mengeksplorasi media belajar yang ada dihadapannya. Kinestetik kah gaya belajar Raaiq? 

Atau audio kah gaya belajar Raaiq?

Ini saya temukan ketika Raaiq menangkap dengan baik (baca : hapal) lirik-lirik lagu yang sering saya dendangkan, juga sudah hapal beberapa penggalan kata di surat al-Fatihah dan 3 surat ‘qulhu’. Sekarang tanpa diminta pun Raaiq sering terdengar membaca surat-surat tersebut dan juga menyanyi.

Ya, saya masih belajar terus untuk jeli melihat kecenderungan gaya belajar anak saya yang satu ini. Kesimpulan sementara, gaya belajarnya memang masih ada di ketiga ranah, baik audio, visual, maupun kinstetik.

#Hari3

#level4

#KuliahBunsayIIP

#GayaBelajarAnak

Advertisements

2 thoughts on “Menemukan Gaya Belajar Anak_3 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s