Bunda Sayang Challange · ODOPfor99days2017

Menemukan Gaya Belajar Anak_4

Benarkah Raaiq memiliki kecenderungan memiliki gaya belajar visual? 

Tapi Raaiq pun selalu cerdas menangkap instruksi secara verbal, komunikasi 2 arah sudah lancar. Bergaya belajar audio juga kah Raaiq? 

Atau kinestetik masih dominan pada Raaiq yang hobinya main di luar rumah dan senang mengeksplorasi tanah atau pasir? 

Bagaimana hubungannya dengan tahap perkembangan yang sedang dijalaninya? Apakah 3 gaya belajarnya memang sedang berkembang di masa emasnya ini? 

Ya, itulah beberapa pertanyaan yang saya ajukan kepada diri sendiri ketika mengamati gaya belajar Raaiq. Masih belum bisa dan belum mau menyimpulkan apa gerangan gaya belajar yang dominan pada anak yang segera beranjak ke usia 22 bulan ini.

Saya coba mengumpulkan bukti-bukti hasil observasi selama Raaiq melakukan kegiatan, baik kegiatan spontan maupun kegiatan yang sengaja saya rencanakan.

Hari ini tak ada kegiatan yang direncanakan. Semuanya berjalan secara alami saja, berhubung hari ini saya pulang agak sore dari sekolah. Tapi ada satu perilaku yang saya observasi dari Raaiq, yaitu Raaiq mampu menyambungkan mainan kereta api dengan gerbongnya. Kereta ini harus disambungkan dengan cara memasukkan bagian belakang kereta yang posisinya vertikal ke dalam lobang kecil di bagian depan gerbong.

Ketika pertama kali saya memberi contoh pada Raaiq, saya coba perlihatkan bagaimana caranya dan memintanya untuk melakukan sendiri. Kira-kira 3x percobaan, Raaiq belum berhasil.

Raaiq akan bilang ‘kumaha?’ (Bahasa Indonesianya : bagaimana), ketika dirinya belum mampu menyambungkan. Artinya dia mau saya yang melakukannya kembali, dan Raaiq melihat lagi bagaimana saya melakukannya. Dalam sehari itu, saya hanya sekali bermain sambung menyambung gerbong kereta.

Eh tapi ternyata, di hari yang lain ketika Raaiq bermain lagi kereta, Raaiq sudah mampu menyambungkannya sendiri, tanpa bantuan orang dewasa. Alhamdulillah, daya tangkapnya memang luar biasa.

Nah, ini menunjukkan gaya belajar Raaiq yang visual. Bagaimana dengan gaya belajar yang lain? Mari cari tahu lagi!

#Hari4

#Level4

#KuliahBunsayIIP

#GayaBelajarAnak

Leave a Reply

