Bunda Sayang Challange · ODOPfor99days2017

Menemukan Gaya Belajar Anak_7 

Bunda, apa yang Bunda rasakan jika membawa anak berkeliling kota selama seharian? 

Kayaknya tergantung usia anak ya bun, kalau usia anaknya udah 4 tahun lebih enjoy soalnya anak relatif sudah bisa diatur dan mandiri. Kalau usia anak di bawah 3 tahun, nah ini yang jadi tantangannya. Capek deh kalau menurut saya, apalagi anaknya banyak gerak karena sedang masa eksplorasi. 

Hari Jumat minggu yang lalu, sesuai jadwal saya pergi ke RS Hermina Pasteur untuk perawatan gigi. Ya, seperti biasa kalau perginya diantar suami, pasti kami menyempatkan dulu buat berkeliling kota, sekalian ada yang harus kami beli.

Ini kesempatan saya juga untuk mengamati gaya belajar anak saya, Raaiq, yang sebentar lagi mau 2 tahun. Di mall yang kami masuki, Raaiq selalu senang kalau naik eskalator, lift, ataupun naik turun tangga.

Setiap kids corner yang ada, seperti Time Zone, Game Master, dan Fun World, Raaiq masuki. Berbagai macam permainan yang menariknya, dia coba. Apalagi di salah satu kids corner ada mainan kereta api. Hmm, tertariklah dia, sampai 2 kali naik. Tapi saya lihat ekspresinya ketika naik berkeliling kereta, dataarrr… tanpa senyum. Loh kenapa Raaiq? 

Mungkin dirinya menikmati setiap getaran dan gerakan yang dihasilkan kereta mainan itu, pikir saya. Soalnya ketika saya tanya langsung, ‘Ka, lagi apa sayang, seneng ya naik kereta, menikmati banget’. Baru deh anak ini senyum lebar, eh udah itu datar lagi. Haha

Nah, saya coba mengingat kembali ekspresi Raaiq setiap naik permainan di kids corner, terutama mainan yang bergerak dan bergetar. Ekspresinya sering kali memang datar. 

Beda lagi ekspresinya ketika kami memasuki toko sepatu, dengan sumringah setiap sepatu dia coba untuk dipakai, padahal yang dicoba sepatu buat Bundanya. Raaiq minta membuka sepatu yang sedang dipakainya karena ingin mencoba sepatu yang diambil dari rak display. 

‘Buda, nih cukup..’, celotehnya. Maksudnya kalau sepatu yang dia ambil cukup di kakinya, padahal mah engga..haha

Udah beres pilih sepatu, waktunya masuk mobil buat pergi ke tempat makan. Ehhh, Raaiq malah nangis, nolak buat masuk mobil. Mungkin tenaganya masih kurang dikeluarkan, makanya dia nolak naik mobil, di mobil kan Raaiq cuma bisa diam. 

***

Oke, jadi dari observasi kejadian di atas, apakah gerangan gaya belajar Raaiq? 

Kalau dilihat dari perilaku yang ditampilkan Raaiq, sudah tentu gaya belajar yang menonjol hari ini adalah kinestetik. Raaiq menyerap segala informasi di lingkungannya melalui gerakan, hentakan, getaran yang dirasakan, dan sebagiannya.

Termasuk ekspresi datar yang ditampilkannya ketika naik kereta, meski datar, tapi saya pikir Raaiq sedang menangkap informasi akan hetaran dan gerakan dengan menikmati setiap sensasinya melalui indera vestibular dan proprioseptip. Yang juga menjadi modalitas belajar dalam mengembangkan gaya belajar konestetik.

#Hari7

#Level4

#KelasBunsayIIP

#GayaBelajarAnak

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s