Bunda Sayang Challange · ODOPfor99days2017

Menemukan Gaya Belajar Anak 10

Yeay! Saya menemukan bukti lagi nih kalau Raaiq memiliki kecenderuan bergaya belajar kinestetik saat bertemu barang baru. 

Berdasarkan cerita ibu mertua hari Rabu yang lalu (ceritanya saya tulis disini) , kalau Raaiq sangat takut pada suara mainan mobil yabg baru dilihatnya. 

Nah, hari ini giliran saya dan Raaiq yang bermain ke rumah saudara sepupu. Awalnya saya sama sekali tidak ingat dengan mainan mobil itu, sampai akhirnya mobil itu diberikan om Raaiq yang masih kecil kepadanya. 

‘Matii..matiin..’, seru Raaiq, tanda kalau dia tidak suka mainan mobil itu dinyalakan. Semua orang yang ada disana pun, maklum dan tidak menyalakan mobilnya. Tapi saya sendiri, menyodorkan langsung pada Raaiq, ‘nih, coba kaka main sendiri aja, gak usah dinyalain kalau gak mau’.

‘Kaka tuh mau mainin sendiri ya’, saya mendorongnya untuk mengeksplorasi sendiri. ‘Oke silakan ka’, Raaiq mengambil mobilnya lalu memainkannya sendiri, emosi takut yang semula ada sedikit pudar dari wajahnya, bahkan ketika dia mencoba memijit tombol on dan mobil menyala (meski baru sebentar, karena asa distraksi dari lingkungan sekitar), saya lihat emosi takutnya tidak kuat sema sekali. 

Tuh kaaaan, benar analisis saya terhadap gaya belajar Raaiq yang cenderung kinestetik. Buktinya emosi takut tak lagi terlihat kuat di wajahnya, ketika saya sodorkan langsung mainan itu ke0ada Raaiq. 

Selain itu gaya belajar audio pun cenderung dikembangkan Raaiq ketika mendengar suatu lagu baru ataupun surat-surat yang diperdengarkan langsung kepadanya (hari ini Raaiq mendengar ambunya memperdengarkan 1 ayat an-naba kepadanya). Raaiq pasti bilang, ‘lagi…lagi…’, artinya dia ssdang mencoba menghapal dan menangkap informasi melalui indera pendengarannya, yang berarti pada saat itu Raaiq sedang mengembangkan gaya belajar audio.

#Hari10

#level4 q

#KuliahBunsayIIP

#GayaBelajarAnak

Leave a Reply

