Bunda Sayang Challange · ODOPfor99days2017

Aliran Rasa : (Berkaca Diri) Menstimulasi Anak Suka Membaca 

Tantangan game level 5 kali ini bikin saya merinding manis..haha. Soalnya kali ini tantangannya tentang menstimulasi anak suka membaca.

Kenapa bisa begitu? Soalnya saya merasa masih amateur banget jadi pembaca yang berkualitas, minat udah gede dari dulu, tapi baca bukunya masih bisa dihitung jari dalam setahun 😱😱. Kecepatan membaca pun, dipastikan masih level anak bawang deh 😯. Belum lagi dari pas udah punya anak, baca tuh pengeeen tapi kok ya serasa gak ada waktu (alias gampang ketiduran kalau baca). Nah sekarang malah harus sudah bisa memunculkan minat anak buat membaca. Wooh, berat beban di punggung ini, mak! Malu daku berkaca diri! 😢

But, slogan game level 5 nya membuat langkah ini lebih bergairah >> for things to CHANGE, I must CHANGE first. 

Cara awal biar anak suka baca, ya anak harus liat emak bapaknya suka baca, sering liat ortunya buka-buka lembaran buku, atau minimal suka bacain anaknya buku. Nah, alhamdulillah, cara ini sudah ditempuh ketika anak kami masih bayi, biar minat baca anaknya bisa tumbuh dari kecil (gak kayak emaknya).

Tapi bener deh masih PR buat emaknya biar lebih sering baca buku. Karena kadang kala, bacain buku anak sih semangat banget, bercerita kesana kemari biar anak berimajinasi tuh seneng banget ngelakuinnya. Eh tapi giliran emaknya punya target baca, lah suka melenceng terus waktunya alias molor waktu buat bacanya atau malah gak selesai-selesai. Hiks.

Padahal kan buku itu bener-bener jendela dunia, yang bisa mengantarkan pembacanya buat berkelana untuk lebih memahami diri juga kehidupan. Melalui buku pun kita bisa bermimpi seindah-indahnya dan akan tahu bagaimana menggapainya.

Tapi, tantangan game level 5 ini, membuat saya lebih optimis untuk mewujudkan mimpi agar bisa menjadi keluarga yamg melek literasi, awalnya ya dengan cinta buku dan cinta baca. 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s