Bunda Sayang Challange · ODOPfor99days2017

Matematika di Sekeliling Kita : Day 2 

Math is around us!

Tagline yang mulai terus saya tanamkan dalam alam bawah sadar, biar jadi belief dalam mendidik anak.

Mengajarkan anak operasi berhitung adalah salah satu cara dalam menstimulasi matematika logis pada anak. Daaan berarti masih banyak cara untuk kita sebagai orang tua untuk menstimulasi matematika logis pada anak. Karena saya tak ingin anak saya bisa matematika, lebih dari itu…saya ingin anak saya suka dan bisa memanfaatkan kecerdasan matematika logisnya dalam kehidupan sehari-hari. 

Caranya memang ada di sekitar kita, main di dapur, main pasir, main di jalan raya, main di halaman konsep matematika logis bisa distimulasi (Baca disini dan disini)

Hari ini (28 Juli 2017) bermain pasir buat Raaiq menjadi stimulasi matematika logisnya. Belajar menakar banyak sedikitnya pasir yang diambil. Seberapa banyak pasir yang akan diangkut dan yang akan ditumpahkan dari truk pasir.

Malam hari pun lanjut dengan main balok bersama ayah. Pengenalan bentuk geometri dan juga warna menjadi prioritas yang saya lakukan di usianya yang baru masuk 2 tahun ini. Semoga dengan mengenal bentuk geometri yang baik akan membuat kecerdasan ruangnya dan juga kemampuan membaca lingkungannya kelak akan mumpuni.

Ketika main balok, Raaiq membuat kereta api dari susunan balok yang dia susun sendiri. ‘Bunda, ini kereta panjang’, katanya. Maka malam ini pun dia sudah belajar perbandingan antara panjang dan pendek.

Setelah kereta api, selanjutnya membuat menara dengan menumpukkan beberapa balok. Yang kemudian balok itu dihancurkan lagi dengan cara menabrak menara yang telah dibuat dengan balok yang lain. Hal ini membuat dia belajar tentang sebab-akibat suatu kejadian. 

Selain itu, sebelum melakukan aksinya untum menabrak menara, dia berhitung sendiri, ‘satu, dua, tiga..’ dan hancurlah menaranya. 

Oia, sore tadi Raaiq pun saya stimulasi berhitung ayam hitam tetangga yang sedang dalam kandang. Dia pun berhitung sampai di angka 6, meski ayamnya bukan berjumlah 6 😂.

#Day2

#KuliahBunsayIIP

#ILoveMath

#MathAroundUs

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s