Bunda Sayang Challange · ODOPfor99days2017

Matematika di Sekeliling Kita : Day 3 

‘Ka, main yuk!’

Raaiq cenderung tergolong anak kinestetik. Energinya luar biasa banyak untuk bergerak dan mengeksplorasi lingkungan. Alhasil kalau potensi geraknya ini tidak tersalurkan, sering kali anak ini jadi cranky. 

Karena beberapa hari ini cuaca sedang ekstrim disini, jadi kami tak banyak main di luar. Nah, alhamdulillah hari ini agak enak cuacanya, mendung tapi anginnya gak kenceng. Makanya saya ngajak raaiq main ke rumah ateu pipit, temen saya yang baru sebulan kemari melahirkan. Saya mengajaknya naik angkot dan delman, hal sederhana semacam ini sering kali memang membuat anak senang. 

Eh, dipikir-pikir naik delman juga bisa jadi stimulasi matematika logis ya, Raaiq jadi belajar tentang kecepatan, getaran, dan juga gerak. Ini pun melatih indera prorioseptifnya.

Tiba di rumah ateu pipit, tak lama waktu yang dia gunakan untuk diam. Langsung saja, Raaiq menuju kolam ikan yang gak ada ikannya 😂. Tak habis akal, dia pun mengambil batu dari taman, berhitung ‘satu, dua, tiga..’, lalu dicemplungkannya batu itu ke kolam dari jarak yang agak jauh. Berulang kali dia lakukan, sampai saya yang bosan sendiri menunggu anak ini main cempulng-cemplungan.

Yeay! Tapi dengan begitu, kegiatan tersebut melatih kecerdasan matenatika logisnya. Dia bisa sambil berhitung dan memperkirakan berapa kekuatan yang harus dikerahkan agar si batu nyemplung ke kolam sesuai dengan besarnya batu dan jauhnya jarak dari kolam.

Nah, hari ini pun saya coba menstimulasinya dengan menghubungkan bentuk geometri balok berbetuk tabung dengan bentuk dasarnya lingkaran.

Stimulaai lainnya di hari ini adalah membiarkan Raaiq bermain dengan puzzle nya. Kalau sedang mood bagus alias gak lagi cape, laper ataupun ngantuk, anak ini anteng banget mainnya. Respon dia terhadap kegagalan dalam menyusun pun bisa dibilang efektif. Kalau puzzle yang dia susun runtuh, dia tak akan menangis, tapi prosesnya terus diulang sampe dia berhasil menyusun semua puzzle yang diinginkannya.

#Day3

#KuliahBunsayIIP

#ILoveMath

#MathAroundUs

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s