Bunda Sayang Challange · ODOPfor99days2017

Matematika di Sekeliling Kita : day 4

Hari ini saya bersemangat sekali buat ngajak main Raaiq di luar. Cobalah saya membuat permainan water pipes di halaman depar rumah Bunenya Raaiq. Agak santai buatnya karena anaknya bangun hampir jam 9 pagi.

Melalui water pipes ini, saya mencoba menguatkan kembali konsep matematis logis tentang ‘keluar-masuk’ dan juga ‘naik turun’. Karena alhamdulillah konsep mengenai hal tersebut, menurut observasi saya selama ini, Raaiq sudah cukup paham, termasuk konsep ‘penuh-kosong’, ‘atas-bawah’, juga ‘kanan-kiri’. Hanya saja kadang masih suka terbalik dan harus terus diulang-ulang. 

Anak mana yang tak suka main air, maka sama halnya dengan Raaiq, water pipes ini buat dia anteng. Tapi karena sedikitnya track yang saya buat, maka keantengan di water pipes-nya beralih pada main selang air 😂.

Hari ini saya pun dapat data observasi mengenai kemampuan penciuman Raaiq, yang bisa jadi stimulasi matematika logisnya, yaitu tentang kemampuan mengidentifikasi perubahan benda (rasa, bau, warna).

Ada 2 kejadian, pertama, ketika pagi tadi Raaiq bangun, dia langsung mencium aroma menyengat dari dapur. ‘Buda, bau apa ini?’, dan memang bau yang dia cium adalah bau tumisan bawang dan rempah lainnya dari masakan yang bunenya masak di dapur.

Kedua, ketika sore hari ayahnya mengajaknya keluar rumah untuk melihat sapi di peternakan. Pulang dari perjalanan, hal yanh sama dia tanyakan, ‘Buda bau apa ini?’, ketika saya melihat ke luar mobil, ternyata bau yang ditanyakan Raaiq berasal dari tukang sate yang lagi bakar sate 😁.

#Day4

#Level6

#KuliahBunsayIIP

#IloveMath

#MathAroundUs

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s