Bunda Sayang Challange · ODOPfor99days2018 · Resume/Review

Referensi Lesson Plan Untuk Batita dan Balita

Bunda, suka bikin lesson plan buat anak gak? Jadi kita buat rancangan kegiatan buat panduan main dan belajar bersama anak. Biasanya lesson plan ini dibuat perhari, perminggu, bahkan perbulan.

Saya sudah pernah nyoba bikin, tapi loh kok malah jadi pusing sendiri. Bingung harus mulai dari apa, formatnya gimana, ataupun jenis kegiatannya seperti apa. Pasalnya, saya tak memiliki pengalaman buat lesson plan dan tak memiliki basic kependidikan/guru. Mungkin kalau guru mah kebayang bikin seperti apa nya, pernah dengar RPP kan? Nah guru-guru jagonya, RPP atau Rencana Pelaksanaan Pembelajaran bisa juga disebut lesson plan yang dibuat untuk proses belajar para murid sekolah formal.

Tapi Allah Maha Tahu apa yang jadi solusi si emak yang bingung ini. Berawal dari ketertarikan saya dengan dunia homschooling (HS), bertemulah saya dengan grup FB SABUMI Muslim Homeschooling, sebuah komunitas HS untuk wilayah Bandung. Sabumi ini juga merupakan bagian dari HSMN yaitu Homeschooling Muslim Nasional.

Meski domisili saya di luar kota Bandung alias Garut, saya tetap bisa gabung dengan grup FB, meski untuk grup WA-nya dikhusukan untuk para Bunda yang berdomsili di Bandung dan sekitarnya (eh Garut masuk kategori ‘sekitarnya’ gak ya? Baru ngeuh 😏).

Nah, disinilah saya gak bingung lagi, ternyata Sabumi memiliki produk unggulan, yaitu berupa Lesson Plan yang bisa diakses GRATIS melalui blog Sabumi. Kereen!

Saya gak harus pusing-pusing buat, karena LP yang dibuat juga disesuiakan dengan usia anak, yaitu usia Batita (1-3 tahun) dan usia balita (4-6 tahun).

Lesson plan ini, selalu berganti tema setiap 2 minggu, lalu setiap harinya ditulis dengan jelas apa kegiatannya dan sumber/referensi yang bisa diakses para orang tua. Saya jadi tahu beberapa situs yang berkaitan dengan pendidikan anak loh!

Seperti bulan September 2017 lalu, tema yang diangkat oleh tim lesson plan Sabumi adalah INDONESIA. Berikut tabelnya :

Seperti yang saya tuliskan sebelumnya, nanti pada blog-nya, tabel tersebut dijelaskan lagi dengan rinci teknis kegiatannya seperti apa dan referensinya dari mana. Seperti gambar di bawah ini :

Yuk Bunda, kalau masih bingung buat lesson plan sendiri, kunjungi aja blog Sabumi. In syaa Allah bakal nemu harta karun yang banyak sebagai amunisi membersamai anak.

Semoga Allah memberi kita keistiqomahan dalam membersamai anak dan kita selu menjadi orang tua pembelajar.

Link menuju laman Lesson Plan : https://sabumihomeschooling.wordpress.com/category/homeschooling-highlight/lesson-plan/

.

.

#day2

#tantangan10hari

#level12

#kuliahbunsayiip

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s